Samsung Tak Naikkan Harga HP Meski Dibayangi Kelangkaan Chip _*


Jakarta

Xiaomi memutuskan untuk menaikkan harga sejumlah HP imbas dari kelangkaan chip. Kendati dihadapkan masalah serupa, Samsung pilih tidak menaikkan harga HP.

Dihubungi detikINET, Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, mengatakan pihaknya memutuskan tidak menaikkan harga agar semakin banyak orang yang dapat menikmati manfaat inovasi yang dihadirkan di setiap HP Galaxy.

“Sejak diluncurkan, kami menjaga harga Galaxy A03s tetap di harga rekomendasi retail Rp 1.799.000, Galaxy A12 mulai dari Rp 2.399.000, dan Galaxy A22 Rp 2.999.000,” ujar Irfan, Rabu (13/10/2021).

Diberitakan sebelumnya lewat akun Instagram, Xiaomi Indonesia mengumumkan kenaikan harga sejumlah ponselnya yang disebabkan kelangkaan komponen imbas pandemi COVID-19.

“Di tengah perjuangan menangani COVID-19, saat ini industri juga menghadapi kelangkaan komponen secara global yang mengakibatkan kenaikan harga. Akibat hal tersebut, beberapa produk kami juga terkena dampaknya sehingga dengan berat hati kami harus melakukan penyesuaian harga Rp 100.000 kepada empat produk smartphone kami,” tulis Xiaomi.

Keempat produk Xiaomi yang naik harga meliputi:

  • Redmi 9A menjadi Rp 1.299.000
  • Redmi 9C menjadi Rp 1.499.000
  • Redmi Note 10 5G menjadi Rp 2.799.000
  • Poco M3 Pro 5G menjadi Rp 2.699.000

Kelangkaan chip sudah beberapa lama bikin pusing para perusahaan HP, laptop sampai otomotif di dunia. Namun kondisi itu sepertinya belum akan terselesaikan, malah bisa semakin parah dan membuat harga laptop sampai harga smartphone terancam naik. Apa penyebabnya?

Pemerintah China awalnya berusaha dengan ketat mengawasi penggunaan energi dalam rangka menekan emisi. Namun demikian, hal itu menyebabkan kelangkaan produksi silikon yang dibutuhkan untuk membuat chip komputer.

Kelangkaan bahan bakar menyebabkan produksi silikon itu terganggu. Sebabnya, beberapa pabrik besar dihentikan operasinya karena harga bahan bakar batu bara yang dianggap biang polusi semakin tinggi. China sudah mencanangkan bebas karbon di 2060, namun penerapannya menimbulkan kekacauan.

Halaman selanjutnya: Dampak kelangkaan chip di dunia…


Sumber : detik.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?