Sebagaimana wanita pada umumnya, Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha di bu… | Astaghfirullah



Sebagaimana wanita pada umumnya, Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha di bulan Ramadan memiliki uzur sehingga tidak berpuasa, entah karena haid atau alasan lainnya. Ia menunda pembayaran utang puasanya (qadha’ puasanya) hingga bulan Syakban. Yang jelas ‘Aisyah menunaikan qadha’ sebelum Ramadan berikutnya tiba. Karena kesempatan yang tersisa hanya di bulan Syakban, ‘Aisyah pun segera membayar utang puasanya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Pelajaran yang bisa kita ambil di antaranya;
1. Seorang istri harus siap kapan pun melayani suami. Imam Nawawi rahimahullah menyatakan, para istri Nabi benar-benar ingin mengabdi pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jika sewaktu-waktu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam butuh istrinya untuk bersenang-senang, mereka pun siap.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
2. Tidak boleh puasa sunnah kecuali dengan izin suami. Imam Nawawi rahimahullah juga menyatakan, para ulama sepakat bahwa seorang istri tidak boleh berpuasa sunnah kalau suaminya ada, kecuali dengan izin suami.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
3. ‘Aisyah dalam hadis di atas memilih berpuasa pada bulan Syakban karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa di kebanyakan hari dari bulan Syakban. Kalau beliau sibuk puasa, tentu tidak berhajat pada ‘Aisyah di siang hari.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
4. Boleh menunda qadha’ puasa Ramadan hingga bulan Syakban. Namun baiknya tetap tidak menunda kecuali karena ada uzur. Lebih baik untuk menyegerakan qadha’ puasa karena ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha menyampaikan alasan kenapa sampai ia menunda hingga bulan Syakban.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga bahasan ini menjadi pelajaran berharga bagi muslimah yang mengaku meneladani Aisyah radhiyallahu ‘anha utamanya dalam hal ketaatan pada suaminya 🙂

Silakan follow link Rumaysho di IG:
@rumayshocom – IG nasihat
@rumayshocomstore – Our Official Shop
@ruwaificom – Bookshop
@rumayshotv – Kumpulan video Q&A dan ceramah singkat
@mabduhtuasikal – IG pribadi
@muslimmyway – IG anak muda
@rofifkids – Video anak
@parentingruqoyyah – Masalah parenting
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
#rumaysho
#rumayshocom
#ustadzabduhtuasikal
#rumayshoTV

Sumber : Instagram / rumayshocom

Alhamdulillah yarham umat Muhammad. Allohumma Sholli Wa Sallim Wa Barik ‘ala Nabiyina Muhammad. Subhanalloh Wa Alhamdulillah Wa Laailaaha illa Alloh Allohu Akbar. Astaghfirullah Lilmuslimin Wal Muslimat. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, semoga jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin.





Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Leave a Reply