Sejarah Masuknya Islam ke India _* AU4

Islam sudah masuk ke anak benua India mulai abad ke-1 Hijriyah, yakni pada masa kepemimpinan Khalifa Umar bin Khattab. Selepas Umar wafat, 643 orang-orang Arab berhasil menaklukkan wilayah Makran di Baluchitan.

Kekhalifahan umayyah pada tahun 738 M dibawah komandan perang Muhammad bin Qasim kembali melakukan ekspedisi ke wilayah India. pasukan Muhammad bin Qasyim berhasil menundukkan wilayah Sind, inilah daerah kekuasaan Umayyah yang terletak paling Timur.

Sejak saat itulah, orang-orang Arab tinggal dan menetap di wilayah itu. Islam disebarkan pertama kali di India oleh para pedagang Arab pada abad ke-7 M, Sebab ajaran Islam dating dari para pedagang Arab dan India telah lama berkongsi.

Pendapat ini diungkapkan sejarawan Elliot dam Dowson dalam Bukunya berjumlah “The History of India” . Menurut keduanya, kapal pertama hang mengangkut para penjelajah dan pedagang Muslim sudah tiba dipantai India pada tahun 630.

Sedangkan HG Rawlinson dalam bukunya Ancient and Medieval History of India menyatakan bahwa orang Arab Muslim pertama menginjakkan kaki di tanah India pada akhir abad ke-7 M. Beberapa sejarawan seperti J Sturrock dalam South kanara and Madras Districts manuals serta Haridas India yang Bhattachaeya dalam Bukunya cultural Heritage of India.

Vol IV juga bersepakat dengan kedatangan Islam, bangla Arab menjadi sebuah kekuatan kebudayaan tertemuka di dunia. Menurut mereka ajaran Islam dibawah ke India oleh pedagang dan saudagar Arab.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam