Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Sejarah masuknya agama Islam di Indonesia tersebut melalui periodisasi atau pembabakan-pembabakan yang cukup menarik.

Kedatangan Islam dimulai ketika negri ini menjadi kunci perdagangan di benua Asia, bahkan sampai seluruh dunia. Utamanya di Sumatera yaitu Kerajaan sriwijaya.

Daerah itu adalah tempat berlabu para pedagang yang berlayar dari berbagai wilayah, termasuk juga timur tengah. Saat berada disini para pedagang itu mulai menjalin hubungan balik dengan penduduk asli yang saat itu memiliki kepercayaan hindu.

Pedagang-pedagang tersebut berbagi ilmu tentang Islam. Masyarakat aslipun mulai tertarik dengan Islam, sehingga sebagaian besar penduduk lokal mengubah keyakinan dan memeluk agama islam.

Berdasarkan bukti dan temuan sejarah, Islam masuk ke Indonesia dengan beberapa penjelasan waktu yang berbeda yaitu :

1. Masuknya Islam sejak abad ke-7 Masehi

Pendapat ini didasarkan pada berita yang diperoleh dari para pedagang arab. Dari berita tersebut, diketahui bahwa para pedagang arab telah menjalin hubungan dagang dengan Indonesia sejak abad ke-7.

Dalam pendapat itu disebut kan bahwa wilayah Indonesia yang pertama kali menerima pengaruh Islam adalah daerah pantai Sumatera utara dan wilayah samudra pasti. Wilayah samudra pasai merupakan pintu gerbang menuju ke Indonesia.

Pada abad ke-7 itu pula diyakini bahwa Islam sudah masuk dan menyebar sampai ke pantai utara pulau jawa.

2. Masuknya Islam sejak abad ke-11 Masehi

Sebagai ahli sejarah lain mengatakan bahwa sejarah islam masuk ke Indonesia dimulai sejak abad ke-11 Masehi. Pendapat ini didasarkan karena adanya bukti sebuah batu nisan “Fatimah binti Maimu” yang berada di Gersik tahun 1082 Masehi.

3. Masuknya Islam ke Indonesia abad ke-13 Masehi

Beberapa ahli justru lebih meyakini bahwa masuknya Islam ke Indonesia dimulai pada abad ke-13 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada beberapa bukti yang lebih kuat, diantaranya dikaitkan dengan masa runtuhnya dinasti Abbasiah di Baghdad (1258), Berita di Marocopolo (1292), batu nisan kubur sulta Malik As Saleh di samudra pasai (1297), berita Ibnu Battuta (1345).

Sedangkan menurut teori pembawaannya, Masuknya Islam ke Indonesia dibagi dalam :

1.Teori Gujarat

Menurut teori gujarat, Agama Islam datang ke indonesia sejak abad ke-13. Islama dikatakan datang dari para pedagang daerah Gujarat india.

Pada saat itu Kerajaan Sriwijaya menjadi jantung perdagangan dunia melewati jalur Nusantara – Gujarat – Timur tengah – Eropa. Selain itu adanya batu sultan samudra pasai yaitu, nisan Malik As Saleh menjadi ciri orang dari wilayah Gujarat.

2. Teori Mekkah

Pendapat ini merupakan sanggahan dari teori Gujarat. Pada pendapat ini disebutkan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke- 7 (6 abad lebih awal. Dibandingkan teori Gujarat).

Peristiwa ini di buktikan oleh adanya perkampungan yang teleh didiami oleh orang islam di daerah pesisir barat Sumatera ketika abad itu.

3. Teori Persia

Teori Persia mempunyai tanggapan yang sama bahwa islam masum ke Indonesia pada abad ke-13. Namun perbedaannya teori Persia beranggapan bahwa islam datang dari Persia.

Dengan masuknya islam ke Nusantara membuat Kerajaan-kerajaan islam berkembang sangat pesat. Kerajaan Islam di Indonesia pun memiliki wilayah kekuasaan sangat luas hingga ke negara tetangga.

Sumber : Dalamislam.com
Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam