Sembelit Mulai Mengkhawatirkan? Segera ke Dokter Jika Mengalami 5 Gejala Ini _*

Suara.com – Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang paling sering dikeluhakan. Seseorang mengalami sembelit jika tidak buang air besar tiga kali dalam seminggu, tinja yang keras dan sulit dikeluarkan yang terkadang menyakitkan.

Meski sembelit adalah kondisi yang umum dialami, namun terkadang sembelit bisa berubah menjadi sesuatu yang serius dan mengkhawatirkan.

Dirangkum dari Health, segera temui dokter jika sembelit disertai lima gejala di bawah ini.

1. Sembelit membuat perut sakit

Baca Juga:
Cara Buang Air Besar Menurut Islam, Pakai Ini untuk Cebok

Sembelit bisa membuat perut sangat tidak nyaman. Tetapi jika ketidaknyamanan dan kram berubah dari tidak nyaman menjadi sangat menyakitkan, inilah saatnya untuk mencari bantuan medis.

2. Ada darah di tinja

Jika Anda berhasil mengeluarkan sejumlah tinja namun melihat ada darah di sana, sebaiknya periksa ke dokter. “Semua orang mengira itu wasir, tapi itu bisa menjadi manifestasi pertama dari kanker kolorektal,” kata Rudolph Bedford, MD, ahli pencernaan di Providence Saint John Pusat Kesehatan di Santa Monica, CA.

Namun demikian, darah di tinja tidak selalu merupakan tanda kanker, jadi lebih baik memeriksakan diri.

Ilustrasi sulit buang air besar. [Shutterstock]
Ilustrasi sulit buang air besar. [Shutterstock]

3. Tidak buang air besar dalam waktu seminggu

Baca Juga:
Diduga Buang Air Besar di Atap Mobil, Pria Ini Viral di Google Maps

Terlalu lama tidak buang air besar dapat menyebabkan impaksi tinja, di mana tinja mengeras dan menumpuk sehingga Anda tidak bisa mengeluarkannya. Sebelum keadaan lebih buruk, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

4. Sembelit disertai demam

Sembelit sendiri tidak menyebabkan demam, tetapi jika Anda demam dan sembelit, itu adalah sinyal yang kuat untuk pergi ke dokter secepatnya.

Umumnya, demam ini menandakan bahwa Anda mungkin memiliki kondisi yang disebut divertikulitis. Kondisi di mana divertikula, kantong kecil yang dapat terbentuk di usus besar meradang atau terinfeksi.

5. Sembelit disertai muntah

Jika Anda sedang sembelit dan muntah di saat bersamaan, itu bisa menjadi tanda bahwa usus tersumbat parah, dan harus segera mencari pengobatan. Beberapa kondisi dapat menyebabkan muntah, termasuk impaksi tinja.


Sumber : suara.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?