Seperti Inilah Wangi Rasulullah SAW Menurut Orang Terdekat | Astaghfirullah


Rasulullah SAW kerap menggunakan wewangian dalam sehari-hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW merupakan teladan terbaik bagi orang-orang beriman. Dalam segala hal yang dilakukan Rasulullah, umat Islam dianjurkan untuk meneladaninya, termasuk dalam hal berpenampilan.


Salah satu cara berpenampilan Rasulullah yang bisa diteladani adalah dengan menggunakan parfum atau wangi-wangian. Dalam buku “15 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah Saw”, Fuad Abdurahman menjelaskan, Rasulullah SAW menyukai wangi-wangian dan menjaga diri dari bau tak sedap.


Menurut Fuad, Rasulullah SAW memakai wangi-wangian ketika berihram dan membolehkannya hingga sebelum tawaf di Al-Bait. Tentang hal ini, Aisyah RA bertutur: 


كنتُ أطَيِّبُ رسولَ اللهِ صلَّى الله عليه وسَلَّم لإحرامِه قبل أن يُحْرِمَ، ولِحِلِّه قبل أن يَطوفَ بالبَيْتِ “Aku mengusap Rasulullah dengan parfum terbaik yang kudapatkan. Aku melihat beliau lebih tampan dari sebelumnya. Minyak menjadikan rambut dan janggutnya mengilat, dan saat itu sedang berihram.”


Selain itu, Rasulullah juga menggunakan serban tebal yang diolesi za’faran. Hanya beliau satu-satunya yang memakai serban jenis itu di antara sekian banyak jamaah yang mendirikan sholat bersamanya. 

>


Jadi, menurut Fuad, Rasulullah sangat memperhatikan penampilan dan kebersihan dirinya. 


ما شممت شيئًا قط، مسكًا ولا عنبرًا، أطيب من ريح رسول الله “Aku tidak pernah mencium wangi yang lebih harum daripada wewangian yang dipakai Nabi ,” komentar Anas bin Malik.


Selain menggunakan serban, Rasulullah juga suka menyisir rambut dan janggutnya, serta menggunakan minyak rambut. Pada waktu-waktu tertentu, beliau juga menggunakan hinnah (pewarna rambut) pada kepala beliau. Sedangkan baju yang beliau miliki kebanyakan berwarna putih. Karena, Rasulullah SAW sangat menyukai warna putih.


Ketika bangun malam, Rasulullah SAW juga membersihkan mulutnya dengan siwak. Beliau selalu menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan siwak. Karena itulah suatu ketika beliau bersabda: 


لَوْلا أَنْ أَشُقَّ عَلى أُمَّتي أَوْ عَلى النَّاسِ لأمرْتُهُمْ بِالسِّواكِ معَ كلِّ صلاةٍ “Seandainya tidak memberatkan umatku, niscaya kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali hendak sholat.” 





Sumber : republika.co.id

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Leave a Reply