Sering Cepat Lelah? Ini 10 Tips untuk Tambah Energi _*

Ada banyak cara untuk mengembalikan energi ke kondisi prima.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menurut direktur Pusat Nutrisi di Scarsdale Medical Group dan ahli gizi terdaftar Elizabeth DeRobertis, ada banyak cara untuk mengembalikan energi ke kondisi prima. Hal itu, dinilainya menjadi langkah terbaik untuk mengurangi tingkat stres, dan degradasi energi.


“Ada beberapa cara untuk meningkatkan energi kita, termasuk fokus pada kombinasi makanan yang tepat dan waktu makan dan camilan,” kata DeRobertis, dikutip CNN, Ahad (15/8).


Terpisah, menurut Yasi Ansari, ahli gizi dan jubir di  Academy of Nutrition and Dietetics, meningkatkan energi juga bisa dilakukan demi mencegah berbagai risiko kurang tidur dan berbagai gangguan risiko lain ke depannya. Berikut adalah 10 cara untuk meningkatkan energi.


 


1. Makan tiap 3 hingga 4 jam


Dia mengatakan, terlalu lama tanpa makan, dapat menyebabkan penurunan energi. Hal itu berbeda dengan orang-orang yang makan setiap 3-4 jam sekali di siang hari. Mereka, lanjut dia, merasa memiliki lebih banyak energi dibanding dengan yang menunda lapar.


“Penting untuk mendengarkan isyarat lapar dan kenyang Anda sendiri untuk menentukan cara yang tepat untuk mengeluarkan makanan Anda,” kata DeRobertis.


 


2. Kombinasikan protein dengan makanan


Menurut DeRobertis, memasukkan sumber protein yang sehat pada makanan, mampu menopang tenaga lebih lama. Hal itu karena tubuh kita membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah protein.


“Para pasien saya merasa lebih baik setelah makan telur dibanding sarapan berkarbohidrat tinggi, karena (telur) menahannya lebih lama, dan mereka merasa lebih stabil,” lanjut dia.


 


3. Makan karbohidrat kaya serat


“Makanan tinggi serat seperti buah dan biji-bijian memberikan energi dari karbohidrat, yang merupakan sumber bahan bakar tercepat untuk tubuh Anda,” kata Majumdar, yang juga koordinator metabolisme dan bariatrik di Emory University Hospital Midtown. 


DeRobertis menambahkan, makanan berkarbohidrat tinggi serat memberikan energi yang tahan lama. Namun demikian, makan terlalu banyak karbohidrat olahan dalam sekali konsumsi tanpa serat atau protein untuk memperlambat kenaikan gula darah, dapat berkontribusi pada hipoglikemia reaktif, di mana gula darah melonjak dan jatuh, sehingga, menyebabkan penurunan energi.


 


4. Pilih snack kaya nutrisi


Cara lain untuk memastikan energi yang lebih berkelanjutan sepanjang hari adalah dengan memilih makanan padat nutrisi daripada makanan tanpa kalori. “Jika kita memiliki dua makanan ringan untuk dipilih, dan keduanya memiliki jumlah kalori yang sama, tetapi yang satu memiliki lebih banyak protein dan lebih banyak serat, ada kemungkinan besar (makanan ringan yang kaya protein dan serat) akan memberi kita lebih banyak energi dan serat. menahan kita lebih lama dari camilan yang tidak padat nutrisi,” kata DeRobertis.


 


5. Tetap terhidrasi


Menurut Ansari, kekurangan cairan dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk membantu mendukung aliran darah, dan ini dapat menyebabkan kelelahan. Namun demikian, tidak terhidrasi dengan baik juga dapat mengganggu metabolisme dan pengiriman nutrisi ke seluruh tubuh, ini dapat mencegah kita merasa berenergi.


 



Sumber : republika.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?