Sinyal Internet di Desa Wisata Pangandaran Buruk, Sandiaga Uno Turun Tangan_*

Pangandaran

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjanjikan perbaikan kualitas sambungan internet di wilayah Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Hal itu diutarakannya saat melakukan kunjungan ke desa yang menjadi salah satu dari 50 nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tersebut, Rabu (13/10/2021) petang.

“Rupanya ada kendala, ternyata sinyal di sini terkendala. Kalau jaringannya lemot jadi tidak optimal,” kata Sandiaga.

Dirinya langsung menghubungi pihak Kemenkominfo dan provider untuk mengkordinasikan masalah buruknya sambungan internet di Desa Selasari tersebut.

“Kami langsung gercep (gerap cepat), kami menghubungi Kominfo, provider dan tower bersama grup. Alhamdulillah langsung direspon, mereka akan segera menerjunkan tim. Janjinya satu minggu sudah bisa terpasang. Sementara akan menggunakan dulu tower BTS temporer,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno di Pangandaran.Menparekraf Sandiaga Uno di Pangandaran (Faizal Amiruddin/detikTravel)

Soal keluhan sambungan internet yang buruk, juga diutarakan oleh anak-anak sekolah yang berkesempatan berinteraksi langsung dengan Sandiaga Uno.

“Iya gak pake lama, gak pake lemot. Saya urus sinyalnya, kuotanya dari Pak Bupati ya,” selorohnya disambut riuh masyarakat yang hadir.

Desa wisata Selasari sendiri berada di kawasan perbukitan. Salah satu potensi wisata yang menjadi unggulan di wilayah ini adalah body rafting atau river tubing di sungai Santirah. Wisata pengarungan sungai yang indah dan jernih ini sudah cukup terkenal. Setidaknya sejak dirintis pada tahun 2014, wisata Santirah selalu ramai wisatawan dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi sebagian masyarakatnya.

Menparekraf Sandiaga Uno di Pangandaran.Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata (Faizal Amiruddin/detikTravel)

Selain body rafting di Santirah, Desa Selasari juga memiliki banyak daya tarik wisata lainnya. Seperti kekayaan seni budaya dan kuliner. Objek wisata di Desa Selasari ini menjadi pilihan wisata di Pangandaran, selain objek wisata pantai.

“Ternyata begitu banyak potensi. Mulai dari budaya, kuliner dan yang paling terkenal adalah wisata alam river tubing Santirah yang sudah cukup viral. Maka saya menyatakan Desa Selasari ini menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik Indonesia bangkit,” kata Sandiaga.

Dia berharap seluruh elemen bisa terus berkolaborasi demi membangkitkan kembali ekonomi khususnya di sektor pariwisata.

Kedatangan menteri yang satu ini disambut hangat oleh masyarakat Desa Selasari. Sandiaga disuguhi beragam penampilan kesenian dan kebudayaan serta sajian kuliner khas. Masyarakat juga berdatangan turut menyambut, sebagian berusaha berswafoto.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami Pak Menteri bisa datang dan memberikan banyak manfaat bagi kami masyarakat Pangandaran,” kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, didampingi Kepala Desa Selasari Ugas Yugaswara dan Kepala Dinas Pariwisata Pangandaran Tonton Guntari.

Jeje juga mengapresiasi kreativitas masyarakat Desa Selasari yang bisa mandiri membangun wilayahnya menjadi desa wisata.

“Ternyata jika ada kemauan, kita pasti bisa memanfaatkan potensi yang ada. Buktinya Desa Selasari ini,” kata Jeje.

Simak Video “Buka Tutup Akses Pantai Pangandaran Demi Cegah Membludaknya Wisatawan
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)





Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?