Categories: Islamrepublika.co.id

Sosok Malaikat Malik, Penjaga Neraka yang tak Pernah Senyum _*

Malik merupakan malaikat penjaga neraka yang tak pernah senyum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pintu neraka dijaga oleh salah satu malaikat Allah yang bernama Malik. Malaikat Malik adalah pemimpin para malaikat yang bertugas untuk menyiksa orang-orang kafir di neraka. Jadi, para malaikat yang Allah tugaskan, tidak hanya malaikat Malik.

Menurut sebagian ulama, Malik adalah satu di antara beberapa yang dikecualikan oleh Allah tidak mati pada saat seluruh makhluk mati. Saat malaikat Israfil meniup sangkakalanya, seluruh makhluk mati karena ketakutan. Termasuk semuanya yang ada di langit dan bumi, kecuali makhluk-makhluk yang dikehendaki oleh Allah.

“Allah menetapkan keberadaan Malik di Alquran dengan menceritakan keadaan orang-orang kafir di neraka,” kata Peneliti Bidang Aqidah di Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Gus Nur Rohmad, dalam kajian bertajuk Malaikat Malik Tidak Pernah Tersenyum di kanal Youtube NU Online.

Allah berfirman dalam surat Az-Zukhruf ayat 77 :

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَۗ قَالَ اِنَّكُمْ مَّاكِثُوْنَ

Wa nādau yā māliku liyaqḍi ‘alainā rabbuk, qāla innakum mākiṡụn. “Dan mereka berseru, “Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.” Dia menjawab, “Sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).”

Malaikat Malik mempunyai malaikat-malaikat yang membantunya dalam menyiksa orang-orang kafir dan para pemimpin dari malaikat pembantu itu disebut malaikat Zabaniah. Ada beragam pendapat terkait jumlah malaikat Zabaniah.

“Di dalam Alquran, ada penjelasan malaikat Zabaniah yang berjumlah 19,” ujar Gus Nur Rohmad.

Allah berfirman dalam surat Al-Muddassir ayat 26-30 :

عَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَۗ لَوَّاحَةٌ لِّلْبَشَرِۚ  لَا تُبْقِيْ وَلَا تَذَرُۚ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا سَقَرُۗ سَاُصْلِيْهِ سَقَرَ

Sa`uṣlīhi saqar. wa mā adrāka mā saqar. lā tubqī wa lā tażar. lawwāḥatul lil-basyar.‘alaihā tis’ata ‘asyar. “Kelak, Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar, dan tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu?Ia (Saqar itu) tidak meninggalkan dan tidak membiarkan, yang menghanguskan kulit manusia. Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).

Pakar hadits Al-Baihaqi mengatakan di dalam kitab Al ba’ts wa al Nusyur, sebagian besar ahli tafsir menyatakan malaikat Zabaniyah jumlahnya 19 termasuk malaikat Malik. Sedangkan pendapat lain menyebut jumlah 19 itu belum termasuk malaikat Malik.

Lebih lanjut, Gus Nur Rohmad menambahkan dalam sebuah hadits marfu’, Rasulullah pernah menceritakan perjalanan Mirajnya. Dia mengatakan “Para malaikat menyambut kedatanganku ketika aku masuk ke langit pertama, tidak ada satupun malaikat yang menyambutku kecuali dalam keadaan tersenyum dan wajahnya yang berseri-seri. Mereka mengatakan perkataan baik dan mendoakan baik untuk saya. Tetapi, ada satu malaikat, dia tidak pernah tersenyum dan aku sama sekali tidak melihat wajah serinya sebagaimana melihat wajah malaikat-malaikat sebelumnya.

Aku bertanya kepada malaikat Jibril, “Wahai malaikat Jibril, aku ingin tahu siapakah malaikat yang mengatakan hal baik itu, mendoakan aku itu, tetapi dia tidak pernah tersenyum kepadaku dan aku tidak melihat wajahnya berseri-seri.”

Malaikat Jibril menjawab, “Wahai Muhammad, seandainya malaikat yang engkau temui yang tidak tersenyum itu seandainya dia tersenyum kepada orang sebelum kamu atau dia tersenyum kepada seseorang setelah kamu, pasti dia akan tersenyum kepadamu. Akan tetapi, Allah menciptakan malaikat ini memang tidak pernah tersenyum. Dia adalah Malik, penjaga neraka.” 


Sumber:


https://www.youtube.com/watch?v=MZ-s4bs8SJE

(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "https://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=417808724973321&version=v2.8"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));

Sumber : republika.co.id

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Cara Berkah

facebook.com/reuniakbar212dimonas