Suami yang Tidak Pantas dipertahankan Menurut Islam

Masih dalam dunia rumah tangga, yang mempunyai banyak sekali ujian yang harus dihadapi pasangan suami istri. Karena banyak yang mengharapkan rumah tangga sampai akhir hayatnya dengan orang yang sama.

Namun bagaimana jika ada beberapa jenis suami yang memang tidak pantas dipertahankan menurut pandangan Islam? Berikut tipikal suami yang tidak pantas dipertahankan menurut Islam.

Selalu bergantung pada orang lain

Tanya pada diri apakah mungkin pria yang selalu bergantung pada orang lain mampu memberikan nafkah? Jika untuk memenuhi keperluannya saja masih bergantung pada orang lain, bagaimana dia bisa bertanggung jawab terhadap istri dan anaknya? Tentu pasangan seperti ini harus dipikirkan kembali apakah dia masuk dalam kriteria calon suami yang ideal.

Pemalas

Saat pasangan memiliki kebiasaan ini, sebaiknya tinggalkan.ย Pernikahanย adalah bentuk lain dari kerjasama. Jika memilih menikah dengan pemalas, siap-siap saja untuk mengurus semua keperluan dan kegiatan rumah tangga sendiri, bahkan dalam mencari nafkah pun Anda yang melakukannya. Perlu diingat, mengubah suatu sifat atau kebiasaan bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, sebaiknya lebih selektif dalam memilih pasangan.

Membuat tak nyaman

Orang yang salah selalu memiliki pikiran yang negatif. Ia menganggap bisa melakukan apa saja yang diinginkan, termasuk terhadap Anda. Dia akan bersikap otoriter dan kerap kali menuntut untuk dihargai. Jangankan berharap dapat penghargaan darinya, Anda hanya akan mendapat makian dan perkataan negatif. Wanita yang berhubungan dengan pria tipe ini akan selalu dipermalukan.

Kontrol berlebihan

Ini adalah tipe pria yang paling berbahaya dan harus dihindari oleh para wanita. Pria yang terlalu memegang kontrol akan mencegah Anda berinteraksi dengan dunia luar, bahkan keluarga. Hal inilah yang nantinya membuat tertekan.

Egois

Pria egois biasannya memiliki sifat acuh. Dia tidak bisa berhubungan dengan siapa pun, termasuk pasangan, dan cenderung hanya memikirkan diri sendiri. Pernikahan itu tidak akan bisa langgeng jika satu orang hanya memikirkan diri sendiri sementara yang lain harus selalu berkorban dan bersedia mengikuti kemauannya.

Kasar

Pria yang cenderung kasar biasanya arogan. Dia menganggap dirinya lebih dari orang lain. Bukan hal yang mustahil jika itu kelak akan terjadi kepada Andaa, misalnya jika dia senang berlaku kasar pada orang lain. Hal itu tidak menutup kemungkinan ia juga akan seperti itu suatu saat kepada Anda. Perhatikan bagaimana sikapnya terhadap orang lain ketika marah. Anda dapat menilai seperti apa dia yang sebenarnya.

Tak pernah puas

Dia mungkin mencintai Anda namun nyatanya ia tidak akan bisa fokus pada satu hal atau dengan apa yang dimiliki, baik itu dalam membina hubungan atau pekerjaan. Dalam membina hubungan, mungkin saja selalu ada hal lain yang lebih baik di masa depan, seperti memilih yang lebih cantik. Sedangkan dalam pekerjaan, dia akan terus berinovasi hingga lupa waktu untuk keluarga.

Tidak bertanggung jawab

Tipe pria seperti ini mungkin yang paling parah. Orang yang tidak bertanggung jawab sama artinya dia hanya mampu menjalani hidup untuk diri sendiri. Dia tidak akan bisa membedakan antara hak dan kewajiban. Dia hanya tahu bagaimana membuat dirinya nyaman dan bahagia.

Pelit

Menikah bukan perkara mudah karena akan ada banyak permasalahan yang muncul untuk menguji apakah pasangan suami istri bisa bertahan atau tidak. Dari sekian banyak masalah, yang berkaitan dengan uang kerap menjadi pemicu pertengkaran. Ketika masa pendekatan atau berpacaran, tentu Anda bisa melihat dan menilai pasangan, apakah dia pelit atau tidak? Jangan sampai baru mengetahuinya setelah menikah.

Aqidahnya rusak

Aqidah yang rusak, bisa menyebabkan seseorang keluar dari islam. Karena kerusakan aqidah, merupakan gerbang kekufuran. Sementara Allah melarang wanita muslimah menikah dengan lelaki musyrik atau kafir.

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูู†ู’ูƒูุญููˆุง ุงู„ู’ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู†ูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูุคู’ู…ูู†ููˆุง ูˆูŽู„ูŽุนูŽุจู’ุฏูŒ ู…ูุคู’ู…ูู†ูŒ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ู…ูุดู’ุฑููƒู ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽุนู’ุฌูŽุจูŽูƒูู…ู’

Janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu.ย (QS. Al-Baqarah: 221)

Karena itu, perlu diwaspadai model lelaki yang demen dengan klenik, tenaga dalam, amalan-amalan pesugihan, pemikat orang, suka berteman dengan paranormal, bercita-cita mendapat karomah layaknya wali, atau merawat jimat. Umumnya mereka sangat sulit disembuhkan. Sekali percaya dengan dukun gurunya, biasanya terikat untuk terus jadi budak si dukun.

Beberapa istri sempat mengadukan keadaan suaminya ke konsultasisyariah.com. Karena sejak berteman dengan paranormal, kebiasaannya menjadi aneh, dan suka menjadikan istri sebagai objek percobaan.

Termasuk juga mereka yang memiliki pemahaman menyimpang, seperti pengikut Syiah, penganut wihdatul wujud, atau penganut tarekat sesat lainnya. Tidak ada yang bisa dipertahankan dari aqidah mereka.

Tidak pernah Shalat

Shalat merupakan ibadah paling penting dalam islam. Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย menjadikan shalat sebagai batas antara mukmin dan kafir. Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bersabda,

ุฅูู†ูŽู‘ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุดูู‘ุฑู’ูƒู ูˆูŽุงู„ู’ูƒููู’ุฑู ุชูŽุฑู’ูƒูŽ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู

Sesungguhnya pembatas antara seseorang dengan kesyirikan atau kekufuran adalah meninggalkan shalat. (HR. Ahmad 15183, Muslim 82, dan yang lainnya).

Kemudian, Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย juga menjadikan shalat sebagai perjanjian besar umat islam. Dari Buraidah radhiyallahu โ€˜anhu, Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bersabda,

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุนูŽู‡ู’ุฏูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู… ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉูุŒ ููŽู…ูŽู†ู’ ุชูŽุฑูŽูƒูŽู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽููŽุฑูŽ

Perjanjian antara kami dan mereka adalah shalat. Karena itu, siapa yang meninggalkannya maka dia kafir.ย (HR. Ahmad 22937, Nasai 463, Turmudzi 2621, dan dishahihkan al-Albani).

Karena alasan ini, para sahabat menghukumi orang yang meninggalkan shalat, sebagimana orang kafir. Seorang tabiโ€™in, Abdullah bin Syaqiq mengatakan,

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุฑูŽูˆู’ู†ูŽ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ุชูŽุฑู’ูƒูู‡ู ูƒููู’ุฑูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู

Dulu para sahabat, tidaklah mereka menganggap ada satu ibadah yang apabila ditinggalkan bisa menyebabkan kafir, selainshalat. (HR. Turmudzi 2622, dan dishahihkan al-Albani)

Orang tidak shalat, sejatinya sumber petaka di rumah tangga. Karena itu, hindari kriteria calon suami yang tidak shalat.

Tidak menjaga pergaulan dengan lawan jenis

Allah taโ€™ala melarang orang baik-baik untuk menikah dengan lelaki pezina atau wanita pezina, hingga mereka bertaubat dari zinanya.

ุงู„ุฒูŽู‘ุงู†ููŠ ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ูƒูุญู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฒูŽุงู†ููŠูŽุฉู‹ ุฃูŽูˆู’ ู…ูุดู’ุฑููƒูŽุฉู‹ ูˆูŽุงู„ุฒูŽู‘ุงู†ููŠูŽุฉู ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ูƒูุญูู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฒูŽุงู†ู ุฃูŽูˆู’ ู…ูุดู’ุฑููƒูŒ ูˆูŽุญูุฑูู‘ู…ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ

โ€Laki-laki pezina tidak boleh menikah melainkan dengan perempuan pezina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan pezina tidak boleh dikawini melainkan oleh laki-laki pezina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas oran-orang yang mukmin.โ€ย (QS. An-Nur: 3)

Diantara hikmah larangan menikahi mereka adalah agar istri tidak terkena imbas buruk dari kebiasaan suami yang pernah berzina namun belum taubat. Karena penyakit mudah suka terhadap lawan jenis, bisa saja kambuh. Terlebih jika dia pernah berhubungan di luar nikah. Sehingga perbuatannnya ini memicunya untuk selingkuh.

Berpenghasilan haram

Hidup serba kecukupan adalah dambaan setiap wanita. Dengan segala fasilitas yang lengkap, memudahkan dirinya untuk melakukan berbagai aktivitasnya. Namun itu semua hanya standar dunia. Standar yang hanya kembali pada kebahagiaan lahiriyah, yang tentu saja itu bukan segala-galanya. Konsekuensi menikah dengan lelaki berpenghasilan haram, berarti siap untuk makan harta haram hasil kerja suami. Rela untuk berbahagia dengan yang haram.

Dari Kaโ€™ab bin Ujrahย radhiyallahu โ€˜anhu, Nabiย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bersabda,

ู„ูŽุง ูŠูŽุฑู’ุจููˆ ู„ูŽุญู’ู…ูŒ ู†ูŽุจูŽุชูŽ ู…ูู†ู’ ุณูุญู’ุชู ุฅูู„ูŽู‘ุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู ุฃูŽูˆู’ู„ูŽู‰ ุจูู‡ู

โ€œTidak ada daging yang tumbuh dari as-suht, kecuali neraka lebih layak baginya.โ€ย (HR. Turmudzi 614 dan dishahihkan al-Albani).

Ibnu Rusyd mengatakan,

ูˆู„ู… ูŠุฎุชู„ู ุงู„ู…ุฐู‡ุจ โ€“ ุงู„ู…ุงู„ูƒูŠุฉ โ€“ ุฃู† ุงู„ุจูƒุฑ ุฅุฐุง ุฒูˆุฌู‡ุง ุงู„ุงุจ ู…ู† ุดุงุฑุจ ุงู„ุฎู…ุฑุŒ ูˆุจุงู„ุฌู…ู„ุฉ ู…ู† ูุงุณู‚ุŒ ุฃู† ู„ู‡ุง ุฃู† ุชู…ู†ุน ู†ูุณู‡ุง ู…ู† ุงู„ู†ูƒุงุญุŒ ูˆูŠู†ุธุฑ ุงู„ุญุงูƒู… ููŠ ุฐู„ูƒุŒ ููŠูุฑู‚ ุจูŠู†ู‡ู…ุงุŒ ูˆูƒุฐู„ูƒ ุฅุฐุง ุฒูˆุฌู‡ุง ู…ู…ู† ู…ุงู„ู‡ ุญุฑุงู…ุŒ ุฃูˆ ู…ู…ู† ู‡ูˆ ูƒุซูŠุฑ ุงู„ุญู„ู ุจุงู„ุทู„ุงู‚

Ulama madzhab Malikiyah tidak berselisih pendapat bahwa seorang gadis yang dinikahkan ayahnya denagn lelaki peminum khamr atau lelaki fasik secara umum, dia berhak untuk menolak lamaran nikah, sementara hakim menimbang masalah dan memisahkan keduanya. Demikian pula jika dia dinikahkan dengan orang yang hartanya haram atau lelaki yang suka mengancam talak (Bidayatul Mujtahid, Hal. 404).

Berfikir 1000 kali untuk memiliki calon suami pegawai bank, berpenghasilan riba di luar bank, atau bekerja membantu proyek yang haram, pegawai perusahaan barang haram, dst. Halal haram penghasilan orang tua, menentukan keberlangsungan hidup anaknya.

Perokok berat

Selain merugikan kesehatan, merokok juga dapat membuat sebagian besar wanita ill feel. Ada beberapa alasan, mengapa mereka tidak suka perokok,

  • Pertama, aroma tubuh seorang perokok tidak sedap apalagi perokok berat. Bagi orang yang tidak merokok, ngobrol bersama perokok adalah sebuah siksaan batin. Dia dipaksa sabar untuk menahan nafas bau mulutnya yang sangat tidak sedap.
  • Kedua, kebutuhan beli rokok, jelas mengurangi kantong tabungan sang suami. Jika kebutuhan rokok 10 ribu/bungkus/hari, dalam satu bulan suami menghabiskan 300rb hanya untuk menambah sesak paru-parunya.
  • Ketiga, ancaman bahaya bagi perokok pasif.ย Beberapa kasus anak kecil yang meninggal karena dosa ayahnya, ahli hisab rokok. Sebenarnya dia sudah berupaya menghindari anaknya ketika merokok. Tapi endapan nikotin di baju sang ayah, tidak bisa dihindarkan dan tercium si anak.

Nabiย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย telah ingatkan, agar kita selalu berusaha menghindari hal yang membahayakan,

ู„ูŽุง ุถูŽุฑูŽุฑูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุถูุฑูŽุงุฑูŽ

โ€œTidak boleh melakukan perbuatan yang membuat mudharat bagi orang lain baik permulaan ataupun balasan.โ€ย (HR. Ibnu Majah. Hadis ini di shahihkan oleh Albani).

Allahu aโ€™lam

Sumber : Dalamislam.com
Suami yang Tidak Pantas dipertahankan Menurut Islam
Alhamdulillah Allohumma Sholli โ€˜Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi โ€˜adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata โ€˜arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam