Taipan India Resmi Masuk ‘Klub Orang Berharta US$100 Miliar’

Jakarta, CNN Indonesia —

Mukesh Ambani resmi menjadi orang ketiga di dunia yang memiliki kekayaan senilai US$100 miliar. Selain Ambani, terdapat CEO Tesla Elon Musk dan pendiri Amazon Jeff Bezos dalam “klub eksklusif” tersebut. 

Ambani resmi mendapatkan predikat tersebut setelah saham Reliance Industries naik ke rekor tertingginya pada perdagangan Jumat (8/10). Ambani saat ini juga memegang status sebagai orang terkaya di India.

Mengutip Business Today India, Sabtu (9/10), data Bloomberg Billionaire Index menunjukkan Reliance Chairman & Managing Director sekarang bernilai US$100,6 miliar dan telah resmi bergabung dengan 11 pria lain di klub eksklusif di dunia.

Ambani mewarisi bisnis penyulingan minyak dan petrokimia dari kejayaan almarhum ayahnya Dhirubhai Ambani pada 2005. Sejak itu, Ambani berusaha mengubah bisnis energi menjadi raksasa ritel, teknologi, dan e-commerce.

Jio, unit telekomunikasi yang diluncurkan Ambani pada 2016 lalu telah menjadi operator dominan di India. Pada 2020, usaha ritel dan teknologi Ambani meraup US$27 miliar dari penjualan saham kepada investor global, seperti Google, Facebook, Silver Lake, dan lainnya.

Kini Ambani akan berinvestasi ke sektor energi hijau sebesar US$10 miliar selama tiga tahun dan akan mengembangkan produk hidrogen hijau yang lebih murah.

Rencana Ambani sejalan dengan ambisi Perdana Menteri Narendra Modi untuk mengubah India menjadi pusat dunia untuk bahan bakar yang lebih bersih.

Meski begitu, bahan bakar fosil masih memainkan peran besar di Reliance. Fosil menyumbang hampir 60 persen dari pendapatan tahunannya sebesar US$73 miliar.

Bisnis sektor minyak dan kimia telah menjadi unit terpisah. Unit usaha itu rencananya akan dikerjasamakan dengan Saudi Aramco.

“Ambani berada di garis depan dalam menciptakan bisnis baru dengan teknologi baru yang muncul,” ungkap Kepala Investasi TCG Asset Management Co Chakri Lokapriya.

Diketahui, Ambani telah menambahkan kekayaannya sebesar US$23,4 miliar tahun ini.

(aud/vws)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?