Terkadang lailatul qadar itu bisa dilihat tandanya bagi orang yang diberi taufik… | Astaghfirullah



Terkadang lailatul qadar itu bisa dilihat tandanya bagi orang yang diberi taufik oleh Allah untuk melihat tandanya. Dahulu para sahabat radhiyallahu’anhum juga berdalil dengan beberapa jenis tanda. Namun bagi orang yang memang beribadah di malam itu karena iman dan mengharap pahala namun tidak melihat tanda apa-apa, bukan berarti tidak mendapatkan keutamaannya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Siapa saja yang memperbanyak amalan di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, sudah dipastikan ia akan mendapatkan malam lailatul qadar. Cara menghidupkan malam tersebut bisa dengan mengerjakan shalat Isya, shalat tarawih (shalat malam) dan shalat Subuh. Mengerjakan ketiga shalat ini dapat dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dari ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menghadiri shalat Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. Siapa yang melaksanakan shalat Isya dan Subuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh.” (HR. Muslim no. 656 dan Tirmidzi no. 221).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Karena lailatul qadar berada pada rentang waktu dari Maghrib sampai Subuh, maka peristiwa apapun yang terjadi sepanjang rentang waktu itu berarti terjadi pada lailatul qadar. Orang yang shalat Maghrib, shalat Isya, shalat Tarawih atau shalat malam, dan shalat Subuh di malam itu berarti dia telah melaksanakan shalat di malam lailatul qadar. Demikian juga orang yang sedekah pada malam itu berarti dia sedekah ketika lailatul qadar. Sehingga semua orang yang melakukan ibadah ketika itu, dianggap telah melakukan ibadah di malam lailatul qadar. Besar dan kecilnya pahala yang ia dapatkan, tergantung dari kualitas dan kuantitas ibadah yang ia kerjakan di malam itu.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Maka setiap muslim hendaknya bersungguh-sungguh untuk mencarinya di sepuluh malam terakhir Ramadan sebagaimana diperintahkan oleh Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam untuk mendapatkan pahala dan ganjaran. Jika seseorang mengisi malam lailatul qadar dengan ibadah karena iman dan mengharap pahala, ia akan mendapatkan ganjarannya, walaupun ketika itu ia tidak mengetahui.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga bermanfaat.

Sumber : Instagram / muslimmyway

Alhamdulillah yarham umat Muhammad. Allohumma Sholli Wa Sallim Wa Barik ‘ala Nabiyina Muhammad. Subhanalloh Wa Alhamdulillah Wa Laailaaha illa Alloh Allohu Akbar. Astaghfirullah Lilmuslimin Wal Muslimat. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, semoga jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin.





Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.