Termasuk hal penting untuk ditanamkan pada santri pada awal mereka masuk pesantr… | Astaghfirullah



Termasuk hal penting untuk ditanamkan pada santri pada awal mereka masuk pesantren / madrasah adalah kepatuhan. Jika mereka terbiasa untuk patuh, maka proses belajar mengajar relatif dapat berjalan lebih lancar.
.
.
Mengajarkan kepatuhan mungkin bisa melalui instruksi atau aturan. Namun, kita bisa juga memilih cara lain, misal melalui insight permainan. Prinsipnya, anak mesti dibuat paham kenapa mereka mesti patuh. Apa manfaatnya. Tanpa tahu manfaatnya, mungkin aturan dan instruksi tak akan mendatangkan kesan apapun pada sanubari mereka.
.
.
Maka, untuk menanamkan nilai itu, bisa dengan cara membuat mereka “terlibat masalah” dulu. Kita desain sebuah permainan. Permainan itu berisi masalah yang mesti diselesaikan santri dalam sebuah tim. Misal, alurnya seperti yang digambarkan dalam komik. .
.
Permainan dalam komik itu pada asalnya adalah untuk team work. Tapi, sah-sah saja bagi kita membuat tafsir baru untuk tujuan yang lain, selama masih make sense.
.
.
Permainan edukatif pada dasarnya adalah salah satu metode belajar dengan cara mengalami. Belajar dengan mengalami melibatkan audio, visual, kinestetik, bahkan emosi sekaligus. Karena itu, secara teori, ia cenderung meninggalkan kesan lebih mendalam pada diri si pembelajar.
.
.
Ada beberapa pelajaran yang dapat kita sampaikan dari permainan tersebut. Pertama, pentingnya keberadaan seorang pemimpin. Kemudian, pentingnya patuh pada pemimpin. Ketiga, pentingnya bertanya kepada ahlul ilmi yang dapat memberi rekomendasi solusi atas suatu masalah.
.
.
Dari sini, kita dapat kaitkan dengan konteks pesantren/madrasah. Setiap kegiatan santri selalu ada pemimpinnya. Di kelas, atau di halaqah, pemimpin mereka adalah ustadz. Santri belajar di kelas, pada dasarnya, sedang berusaha menyelesaikan sebuah masalah besar, yakni menghilangkan kebodohan mereka. Oleh karena itu, santri mesti patuh pada setiap arahan yang baik dari ustadz sebagai orang yang memberi solusi. .
.
Begitulah sedikit sharing hari ini. Wallahu a’lam. Semoga bermanfaat. .
.
.
#abunnada
#pendidikan
#modifikasi_perilaku

Sumber : Instagram / abun_nada

Alhamdulillah yarham umat Muhammad. Allohumma Sholli Wa Sallim Wa Barik ‘ala Nabiyina Muhammad. Subhanalloh Wa Alhamdulillah Wa Laailaaha illa Alloh Allohu Akbar. Astaghfirullah Lilmuslimin Wal Muslimat. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, semoga jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin.





Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Leave a Reply