Teror Kutu Busuk Merajalela, Ini Tips Aman Saat Tidur di Hotel

Teror Kutu Busuk Merajalela, Ini Tips Aman Saat Tidur di Hotel




Jakarta

Wabah kutu busuk (bed bugs) melanda Prancis hingga ke Korea Selatan. Kutu busuk tak hanya ditemukan di kasur rumah, tapi juga hotel-hotel!

Kota Paris di Prancis sempat kewalahan dengan wabah kutu busuk pada bulan lalu. Masyarakat bahkan mulai membuang kasur di jalanan karena sudah terkena kutu busuk.

Hotel-hotelnya tak kalah pusing. Tamu-tamu hotel yang menginap di kota itu mulai mengeluh sakit setelah digigit kutu busuk.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Korea Selatan juga mulai tertular wabah ini. Serbuan kutu busuk telah dilaporkan di kamar-kamar hotel Kota Seoul. Warga mulai mengeluh gatal di kulit setelah bangun tidur.

Meski wabah ini belum terdeteksi di Indonesia, fakta bahwa hotel dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai negara membuat traveler harus hati-hati.

Dilansir dari situs Mattress Clarity, sebuah perusahaan kasur terkemuka di Amerika Serikat, ada cara untuk menghindari kutu busuk di hotel.

1. Pakai Senter dan Kartu Plastik

Dua alat ini berguna untuk mengecek keberadaan kutu busuk. Caranya cukup mudah, traveler hanya perlu mencari celah di kasur dengan kartu. Kemudian terangilah dengan bantuan senter.

Sebenarnya, traveler bisa menemukan keberadaan kutu busuk tanpa alat ini. Hanya saja, dua alat ini membuat pencarian lebih mudah.

2. Jaga Koper

Seorang ahli bioteknologi dan pendiri Pest Keen, Gulshan Hajara Banu memberikan tips mudah untuk menghindari kutu busuk di kamar hotel.

“Selama berada di hotel, jauhkanlah koper dari lantai,” ujarnya.

Ternyata, kamar hotel memiliki tempat yang memiliki risiko paling kecil sebagai sarang kutu busuk. Tempat itu adalah kamar mandi.

“Tidak banyak tempat di mana kutu busuk dapat bertahan hidup di sana, terdapat cukup ruang untuk mengornisir barang bawaan,” ungkapnya.

3. Simpan pakaian dalam kantong plastik

Tips selanjutnya yang diberikan oleh Gulshan adalah mengemas pakaian dalam kantong plastik. Hal ini akan menjaga barang terhindar dari kutu busuk.

“Saat berkemas, pastikan membawa beberapa kantong plastik besar, karena Anda dapat menggunakannya untuk menyimpanpakaian sebelum dan sesudah menginap,” jelasnya.

Gulshan meminta agar tamu hotel memisahkan pakaian bersih dan sesudah pakai. Saat tiba di rumah, cuci dan keringkan pakaian dengan suhu tinggi. Temperatur yang tinggi akan membunuh kutu busuk.

4. Jangan pakai tas kain

Kutu busuk senang bersarang di barang-barang yang berlapis kain. Termasuk koper kain, tas wol atau ransel. Gunakanlah koper dengan bahan padat. Ini akan mengurangi risiko kutu busuk pindah ke rumahmu.

5. Periksa gigitan kutu busuk

Hal pertama yang mesti diperiksa saat bangun di kamar hotel adalah memeriksa gigitan kutu busuk. Menurut makalah yang diterbitkan dalam Clinical Microbiology Review, gigitan kutu busuk biasanya terjadi berkali-kali, berwarna merah, sangat gatal dan sering membentuk garis.

Jika menemukan gejala ini, laporlkanlah pada manajemen hotel. Jika staycation masih berlanjut, minta pindah kamar sebagai kompensasi. Setelah itu, pergilah ke dokter.

Simak Video “Paris Diserbu Kutu Busuk
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)



Source : travel.detik.com
Alhamdulillahi Robbil Aalamiin, Allohumma Sholli Ala Rosulillah Muhammad Warhamna Jamii’a.

What do you think?

Written by admin