Tips Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Yang Wajib Diketahui Perempuan | Alhamdulillah Ya Mughni Shollu Alan Nabi

[ad_1]

 

Muslimahdaily – Menjaga kesehatan vagina sangat wajib dilakukan oleh setiap perempuan, sebab vagina merupakan organ intim yang sangat penting bagi wanita. Apalagi organ ini sangat sensitif sehingga mudah terserang penyakit jika tidak menjaga kebersihan. Sebab jika vagina kotor dapat memudahkannya terserang infeksi jamur atau mengeluarkan bau yang tidak sedap. Apalagi terdapat penyakit berbahaya yang dapat menyerang vagina seperti kanker leher rahim yang dapat membuat kamu susah untuk mendapatkan keturunan dan mengancam nyawa penderitanya. Karena itu bagi kamu perempuan wajib mengetahui bagaimana cara memelihara kebersihan pada organ intim sehingga dapat sehat.

1. Haram menggunakan sabun pada area kewanitaan

Vagina yang mengeluarkan bau yang tidak sedap tentunya membuat kepercayaan diri menjadi turun. Jadi banyak wanita yang membersihkan organ intim menggunakan sabun baik sabun mandi maupun sabun khusus miss V. Namun hal ini sebaiknya kamu hindari sebab di dalam sabun terkandung zat kimia yang dapat merusak keseimbangan pH pada area ini. Apalagi area kewanitaan merupakan area yang sensitif apabila terkena zat atau benda asing. Memang menjaga kebersihan area kewanitaan bagus namun kamu harus perhatikan bagaimana cara membersihkannya terutama saat datang bulan. Ada baiknya saat menstruasi mencuci vagina menggunakan air bersih dan mengalir tanpa menggunakan sabun.

2. Dilarang menggunakan parfum

Agar bau tidak sedap pada vagina menghilang, sebagian perempuan memilih untuk menyemprotkan parfum pada area sekitarnya. Hal ini diharapkan dapat membuat vagina harum, padahal hal tersebut sangatlah tidak benar. Karena pH pada vagina dapat rusak akibat kandungan alkohol yang terdapat pada parfum. Sehingga vagina sangat mudah menjadi iritasi atau menjadi gatal akibat pertumbuhan jamur, pH sendiri memiliki fungsi sebagai pengatur kelembaban pada vagina.

3. Menjaga kebersihan saat datang bulan

Saat datang bulan menjaga kebersihan vagina sangatlah wajib dilakukan, mengingat pada saat itu darah yang dikeluarkan adalah darah kotor sehingga memudahkan berkembang biaknya penyakit apabila tidak mengganti pembalut. Ada baiknya untuk mengganti pembalut setiap 3 hingga 4 jam sekali agar tidak menimbulkan iritasi akibat berkembang biaknya kuman dan bakteri. Dan saat mencucinya juga menggunakan air mengalir tanpa menggunakan sabun yang membuat vagina kering.

4. Menggunakan celana dalam yang berbahan katun

Dalam memilih celana dalam ada baiknya untuk memperhatikan bahannya, sebab celana dalam memberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan vagina. Karena itu pilihlah celana dalam yang berbahan katun karena lebih mampu menyerap keringat. Keringat yang berlebihan tentu membuat vagina menjadi lembab sehingga mudah untuk berkembangnya segala macam bakteri. Sehingga kain katun dapat mencegah terjadi infeksi jamur pada vagina, serta ada baiknya untuk sesering mungkin mengganti celana dalam.

5. Melakukan senam kegel

Senam kegel dapat memberikan kesehatan pada vagina karena dapat memperkuat otot pada area organ intim. Apabila otot vagina kuat maka saat berhubungan seks dapat menjadi lebih nikmat. Senam kegel dapat kamu lakukan saat nonton tv, mengetik, bahkan saat menggosok gigi. Senam kegel sendiri dapat memudahkan proses persalinan sebab dapat membuka jalan kelahiran dan mencegah episiotomi. Dan jika melakukan senam ini kamu juga dapat mengontrol otot untuk buang air, namun hasil yang diberikan juga tidak instan sebab kamu dapat merasakan manfaatnya setelah 4 hingga 6 minggu melakukan senam ini. Oleh karena itu sangat penting untuk  menjaga kesehatan vagina.

[ad_2]
Source : muslimahdaily.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin