Tips Merawat Kulit Para Hijaber Dari Atlet Panjat Tebing _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Sebagai wanita berhijab apalagi atlet yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, merawat kesehatan kulit sangat diperlukan. Keringat, debu hingga paparan sinar matahari bisa merusak kesehatan kulit jika tidak diantisipasi melalui perawatan yang optimal.

Kesehatan kulit juga selalu menjadi perhatian Aries Susanti Rahayu, atlet panjat tebing yang telah memenangkan banyak medali dan berhasil merebut posisi tiga saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua awal Oktober ini.

Aries menyebut, dia sudah sejak lama melakukan perawatan kulit, apalagi tipe kulitnya cenderung kering sehingga mudah rusak dan terlihat kusam. Belum lagi setiap hari dirinya harus berlatih di ruangan terbuka, berkeringat dan terpapar debu menjadi makanan sehari-hari kulitnya.

“Saya harus ekstra merawat kulit biar tidak langsung rusak karena kena paparan sinar matahari, biar kulit dapat nutrisi juga, meskipun berhijab perawatan kulit tetap harus dilakukan,” kata Aries dalam acara Vaseline Hijab Bright yang digelar secara daring, Kamis (21/10).

Aries memberikan beberapa tips merawat kulit sehat dari dalam dan luar untuk wanita berhijab :

1. Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat sangat perlu untuk menjaga kebugaran tubuh. Tak hanya itu, Aris juga menyadari ada beberapa makanan yang memang bisa menutrisi dan membuat kulit lebih sehat saat dikonsumsi.

“Makan buah-buahan, sayuran. Selain sehat untuk tubuh, ini juga sehat untuk kulit,” kata Aries.

2. Gunakan pelembap atau serum yang mudah menyerap

Pelembap atau serum sangat penting digunakan. Terutama jika tipe kulit yang dimiliki cenderung kering. Aries menyebut, pelembab yang mudah menyerap kulit sangat penting digunakan, apalagi untuk atlet yang mudah berkeringat.

“Karena kalau tidak mudah menyerap jadi lengket, kadang licin juga. Jadi tidak enak kalau diaplikasikan, makanya sangat disarankan memilih pelembab yang mudah menyerap di kulit,” kata dia.

3. Jangan terlalu sering ganti perawatan

Arise menyebut, sering mengganti-ganti jenis atau merk perawatan kulit sangat berdampak bagi kesehatan kulit yang seharusnya dijaga. Oleh karena itu dia menyarankan agar tak terlalu sering berganti merk perawatan.

“Saya pernah ganti-ganti merk, kulit saya jadi kering,” kata dia.

4. Rutin membersihkan diri

Berkeringat tentu membuat tubuh terasa tidak nyaman. Membersihkan diri sangat disarankan agar kotoran yang menempel di kulit bisa segera luruh dan bersih kembali.

“Sebaiknya rutin membersihkan diri setiap selesai kegiatan apapun di luar,” kata dia.

Merawat diri khususnya kesehatan kulit bagi Aris memang sangat penting. Apalagi setelah dia rutin membersihkan dan merawat kulit tingkat kepercayaan dirinya juga meningkat dan bisa fokus berlatih.

(tst/chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?