UEA Bidik Jelajahi Venus dan Sabuk Asteroid Usai Misi Mars _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Setelah meluncurkan misi penjelajahan ke Mars, kini Uni Emirat Arab (UEA) kembali berencana melakukan misi antariksa menuju Venus dan sabuk asteroid.

Seperti dilansir CNET, Kamis (7/10), misi itu bakal digelar dalam 12 tahun lagi. Wakil Emir UEA, Syekh Muhammad bin Rashid, yang mengumumkan langsung rencana misi penjelajahan ke Venus dan sabuk asteroid itu.

Menurut Rashid, misi antariksa UEA buat mengitari Venus dan mengamati sabuk asteroid direncanakan berjalan pada 2028 mendatang. Dia mengatakan proses membangun wahana penjelajahan luar angkasa bakal berjalan selama tujuh tahun, dan jarak yang bakal ditempuh diperkirakan mencapai lebih dari 3.6 miliar kilometer.

“UEA sangat ingin memberikan sumbangsih dalam penjelajahan luar angkasa, penelitian ilmiah dan bagaimana kita bisa memahami tata surya yang kita tempati,” cuit Putra Mahkota Abu Dhabi, Syekh Muhammad bin Zayed.

UEA berencana mengamati tujuh objek di sabuk asteroid yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Wilayah itu dipenuhi batuan dengan bentuk yang beragam yang juga mengitari Matahari.

Badan Antariksa dan Penerbangan Amerika Serikat (NASA) juga sudah beberapa kali mempelajari sabuk asteroid. Namun, UEA menyatakan berencana menjelajah ke tujuh asteroid dan mendarat serta mengambil contoh batuan itu.

Jika hal itu terjadi, maka UEA menjadi negara keempat di dunia yang berhasil mendarat di permukaan asteroid yang cukup sulit dilakukan.

“Misi ini lima kali lebih sulit dari misi Mars,” kata Ketua Badan Antariksa UEA, Sarah binti Yusuf Al Amiri dalam keterangan pers.

UEA kembali menggandeng Laboratorium Atmosfer dan Fisika Luar Angkasa Universitas Colorado, Boulder, Amerika Serikat buat melakukan misi ke Venus dan sabuk asteroid, seperti dilansir CNN.

Sejumlah negara dan lembaga antariksa memang sudah berniat menjelajahi Venus. NASA dilaporkan berencana meluncurkan dua wahana antariksa ke planet itu.

Sedangkan badan luar angkasa India dan Eropa (ESA) masing-masing tengah mempersiapkan wahana buat menjalankan misi mengamati Venus.

[Gambas:Video CNN]

(ayp/ayp)



Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?