Viral Pria Kena Tumor di Kepala, Mengaku Gara-gara ‘Salah Sampo’? _*


Jakarta

Seorang pria mengalami benjol di kepala yang ternyata adalah tumor jinak. Menurut pengakuannya, dokter yang memeriksanya menuding kebiasaan garuk-garuk kepala dan salah sampo sebagai penyebabnya. Kok bisa?

Pria bernama Rifki Antariksa ini menceritakan kisahnya di akun TikTok @rifkiantariksa. Video yang dibagikannya viral dan menuai respons warganet yang bertanya-tanya soal penyebab benjolan di kepalanya.

Ternyata, apa yang dialami Rifki disebut dengan Lipoma dan masuk dalam kategori tumor jinak. Dikutip dari Mayo Clinic, lipoma merupakan benjolan lemak yang tumbuh lambat dan biasanya muncul di antara kulit serta lapisan otot di bawahnya.

Umumnya, kondisi ini tidak berbahaya. Kendati demikian, jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan kanker.

“Memang tidak sakit sama sekali hanya saja karena sudah gede sangat ganggu dan kalau dipegang nyeri, jika dibiarkan akan mengakibatkan kanker,” pungkas Rifki.

Menurut Rifki, dokter yang memeriksanya mengaitkan tumor tersebut dengan produk sampo yang tidak cocok dengan kulit kepalanya. Akibatnya, kulit kepalanya kering dan gatal-gatal.

Rifki mengaku kerap menggaruk kepalanya dengan tangan yang tidak bersih sehingga menimbulkan infeksi. Terlebih, kulit kepala kering bisa menyumbat saluran udara di kepala. Inilah yang kemudian menyebabkan munculnya tumor jinak di kepala.

Pada awalnya, benjolan muncul secara bertahap, tidak langsung membengkak dan tidak disertai rasa sakit. Baru setelah sebulan, benjolan semakin membengkak dan terasa nyeri saat dipegang. Rifki kemudian memeriksakan ke dokter.

Benarkah tumor jinak limfoma disebabkan oleh salah sampo dan garuk-garuk kepala?



Simak Video “Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone
[Gambas:Video 20detik]


Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?