Waalaikumsalam atau Wa’alaykumussalam: Mana yang Benar? _*

waalaikumsalam


Di kalangan umat Islam ternyata masih ada perdebatan terkait dengan jawaban dari kalimat salam, assalamu’alaykum. Ada yang membalasnya waalaikumsalam ada juga yang menjawab wa’alaykumussalam. Lantas, mana yang benar?

Islam adalah agama sempurna dan paripurna. Semua ajarannya sangat detail dan mengandung berbagai macam kebaikan. Bila kamu perhatikan tidak ada ajaran agama yang sedetail agama Islam.

Mulai dari perkara kecil seperti masuk ke kamar mandi, mengucapkan salam hingga permasalahan besar seperti politik dan ekonomi semua diatur di dalam Islam.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas salah satu permasalahan yang turut diperbincangkan di kalangan umat Islam yaitu perihal ucapan balasan dari kalimat salam assalamu’alaykum.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa mengucap salam di dalam Islam hukumnya sunnah sedangkan menjawabnya adalah wajib. Bahkan dianjurkan menjawabnya dengan jawaban yang lebih baik.

Kisah menjawab salam ini terdapat di dalam QS. Adz Dzariyat ayat 25 ketika Nabi Ibrahim AS kedatangan seorang tamu,

إِذْ دَخَلُوا عَلَيْهِ فَقَالُوا سَلَامًا ۖ قَالَ سَلَامٌ قَوْمٌ مُنْكَرُونَ

(Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: “Salaamun”. Ibrahim menjawab: “Salaamun (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal”.

Terkait dengan membalas salam dengan balasan yang balasan yang lebih baik terdapat di dalam QS. An-Nisa ayat 86,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.

Biar lebih mudah maka kita buat ilustrasinya dengan karakter A dan B.

A : Assalamu’alaykum

B : Wa’alaykumussalam warrahamatullah

A : Assalamu’alaykum warrahmatullah

B : Wa‘alaykumussalam warrahmatullahi wabarakaatuh

Dan begitu seterusnya. Jadi balasan dari yang menjawab salam haruslah lebih baik. Semakin panjang yang diucapkan maka semakin banyak doa yang dibacakan.

Lantas, bagaimana dengan ucapan jawaban salam yang benar. Apakah waalaikumsalam atau wa’alaykumussalam?

Baca Juga: Doa untuk Orang Sakit

waalaikumsalam
sumber: unsplash

Waalaikumsalam atau Wa’alaykumussalam?

Dalam perkara ini Kiai Subhan Makmun yang merupakan Rais Syuriyah PBNU ini menjelaskan bahwa beda antara waalaikumsalam dengan wa’alaykumussalam.

Beliau menjelaskan bahwa orang yang mengucapkan salam kepada kita dengan mengucapkan as-salâmu ‘alaikum kata salâm-nya (di dalam Bahasa Arab) menggunakan “al” ma’rifat.

Maka, sebagaimana perintah ayat di atas membalasnya pun harus dengan menggunakan “al“ ma’rifat biar balasannya sepadan.

Dengan demikian maka menjawab salam harus dengan kalimat wa’alaikumussalâm, bukan wa’alaikum salâm di mana kata salâm-nya berupa isim nakirah, tanpa “al”.

Jadi ketika ada seseorang yang mengucapkan kalimat salam yaitu assalamu’alaykum maka lebih baik kamu menjawabnya dengan kata wa’alaykumussalam.

Baca Juga: 10 Kalimat Thayyibah di dalam Islam

waalaikumsalam
sumber:unsplash

Bagaimana Menjawab Salam Non Muslim?

Hal ini juga kerap diperdebatkan terkait tentang bagaimana bila yang mengucapkan salam assalamu’alaykum adalah seorang non muslim? Apakah juga kita balas dengan balasan wa’alaykumussalam atau bagaimana?

Syaikh Nawawi al Bantani menjelaskan perihal ini, ia mengatakan bahwa apabila ada seorang musyrik memulai salam terlebih dahulu maka boleh menjawab dengan ucapak wa’alaika. Bisa juga menjawab wa’alaykum tanpa menambahkan kata “salam”.

Sebagaimana dalam HR. Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila ahli kitab bersalam kepada kalian maka ucapkanlah wa’alaikum.”

Mengapa tidak boleh menambahkan salam? Karena arti wa’alaykumussalam adalah semoga keselamatan terlimpah kepadamu. Padahal kita mengetahui bahwa orang musyrik tidak akan mendapatkan keselamatan.

Sehingga bila kamu bertemu dengan orang non muslim bila ia tidak mengucap salam maka kamu jangan mengucap duluan tetapi bila dia mengucap salam, maka kamu cukup balas, “wa’alaykum

Baca Juga: Ucapan Belasungkawa Bagi Mereka yang Tertimpa Musibah

Penutup

Demikian penjelasan tentang balasan salam antara waalaikumsalam dan wa’alaykumusslam (mana yang benar?). Dengan penjelasan ini kamu jadi tahu bahwa lebih baik menjawab salam dengan ucapan wa’alaykumussalam.

Adapun bila diucapkan oleh non muslim maka cukup jawab dengan, “wa’alaykum“.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

Source : qazwa.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?