Warga Malaysia Geram, 1.800 Miliar Ringgit Uang Negara Masuk Pandora Papers_*

Suara.com – Sejumlah LSM melakukan unjuka rasa di depan gedung parlemen Malaysia di Kuala Lumpur menuntut parlemen untuk membuka kasus Pandora Papers yang dilaporkan melarikan uang 1.800 miliar ringgit ke bank-bank luar negeri.

Massa pada Selasa (12/10/2021) menuntut pemerintah koalisi Perikatan Nasional 2.0 untuk turut meminta parlemen agar segera mengagendakan pembongkaran kasus Pandora Papers dalam sidang parlemen.

Memorandumitu diterima oleh Mas Ermieyati, Wakil Menteri Bidang Parlemen dan Undang-Undang di Kantor Perdana Menteri, dan pihak oposisi yang diwakili oleh Ketua Oposisi Parlemen Malaysia yang juga Presiden Partai Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim.

Perwakilan LSM Gegar, Ruslan Ismail mengatakan, Pandora Papers seharusnya sudah masuk dalam sidang parlemen sejak beberapa hari lalu setelah diusulkan oleh Anwar Ibrahim.

Baca Juga:
Ketua DPR Ingatkan Pentingnya Rencana Global Akhiri Pandemi di Parlemen G20

Ia juga mengklaim, rakyat negara itu ingin tahu bagaimana uang sebanyak itu dibawa keluar dan berada di bank-bank luar negeri.

“Kami pembayar cukai, kami datang bukan untuk membuat kerusuhan, tetapi kita ingin menyampaikan ketidakpuasan kami dan mendesak parlemen membincangkan perkara ini supaya rakyat tahu apa sebenarnya yang terjadi. Ini satu jumlah yang besar yang mungkin melibatkan kepentingan umum,” katanya, dikutip via Warta Ekonomi.

Dikabarkan sebelumnya, Anwar Ibrahim mengatakan laporan Pandora Papers yang dipublikasikan pada 3 Oktober telah menyebut nama-nama warga Malaysia, yakni Menteri Keuangan Zafrul Tengku Abdul Aziz, Wakil Menteri Keuangan Yamani Hafez Musa, mantan Menteri Keuangan Daim Zainuddin, anggota parlemen Bagan Datuk dan Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi, dan anggota parlemen Selayang Willian Ong.

Untuk informasi, Pandora Papers adalah bocoran 12 juta dokumen oleh Konsorsium Internasional Jurnalis Investigatif (ICIJ) yang mengungkap aset tersembunyi dari sejumlah tokoh berpengaruh.

Baca Juga:
Pandora Papers Bongkar Rahasia Duit Orang Kaya dan Pejabat Negara di Dunia


Sumber : suara.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin