Waspadai Tanda Nyeri Pinggang yang Bisa Jadi Penyakit Kronis

Jakarta

Terlalu lama duduk sambil bekerja di depan laptop tak jarang menyebabkan nyeri pada pinggang. Namun, tidak berarti semua sakit pinggang disebabkan oleh duduk terlalu lama. Nyeri pinggang juga bisa jadi tanda penyakit kronis.

Spesialis bedah saraf, dr Gibran, SpBS, dalam webinar bincang kesehatan, Jumat (8/10/2021), beberkan fakta terkait nyeri pinggang yang bisa menjadi tanda penyakit kronis.

“Nyeri pinggang bukan semata-mata karena problem tulang belakang ataupun problem saraf kejepit. Nyeri pinggang juga bisa disebabkan problem di luar tulang belakang, misalnya ada batu ginjal, kemudian ada problem di liver atau perutnya,” tuturnya.

Menurut dr Gibran, sebagian besar kasus nyeri pinggang yang bukan karena masalah tulang belakang bisa jadi tanda penyakit batu ginjal.

Sementara untuk membedakan nyeri pinggang akibat masalah pada tulang belakang atau bukan cara paling mudah yaitu dengan berbaring.

“Sakit tulang belakang itu biasanya dengan tidur berbaring harusnya membaik drastis seketika, kalau misalnya sakit pinggang kumat walaupun sudah tidur rebahan dan tidak berkurang drastis, maka perlu waspada,” jelasnya,

Jika sakit pinggang tidak mereda, bahkan setelah berbaring, dr Gibran menyebutkan ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama yakni nyeri yang muncul bukan disebabkan adanya masalah pada tulang belakang, melainkan adanya masalah lain yang menandakan penyakit kronis.

Kemungkinan kedua, yaitu nyeri memang disebabkan oleh masalah pada tulang belakang, tetapi kondisinya sudah sangat parah sehingga nyeri tidak bisa reda hanya dengan berbaring.

Jika mengalami hal seperti ini dr Gibran menyarankan untuk waspada dan segera melakukan pemeriksaan ke dokter atau penyedia layanan kesehatan.

Simak Video “Vaksin Pfizer Disebut Efektif untuk Orang dengan Penyakit Kronis
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)


Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?